Khidmat : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 2 No 1 (2024)

Makna Sosiologis Upacara Sipahalima Bagi Penganut Agama Parmalim : (Studi kasus di Desa Binjai Kecamatan Medan Denai Kota Medan)

Putri Amelia Sari (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Mhd. Syahminan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Rholand Muary (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna sosiologi Upacara Sipahalima bagi Penganut Ugamo Malim dan pandangan masyarakat tentang Upacara Sipahaima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tujuannya adalah untuk mengucapkan rasa syukur kepada Debata Mulajadi Nabolon. Setiap bulan kelima di kalender Batak, umat Parmalim berkumpul di Huta Halasan Sionggang. Sehingga banyak sekali manfaat bagi Umat Parmalim. Salah satunya dalam kehidupan sosial, seperti memperkuat solidaritas. Solidaritas adalah hubungan yang saling kuat dan mendukung antar individu maupun kelompok untuk tujuan bersama. Salah satu solidaritas diantara mereka yaitu : Menumbuhkan empati pada orang lain, Interaksi, Melakukan gotong royong dan tolong menolong, Saling sapa dengan sesama. Mengenal lebih jauh sesama masyarakat, Mempertahankan Kebudayaan dan Umat Parmalim Pada Upacara Sipahalima, Kepedulian Pemimpin. Selain itu solidaritas Upacara Sipahalima menciptakan kerukunan, Melakukan Musyawarah, dan toleransi. Tetapi sayangnya banyak sekali pandangan masyarakat tentang Upacara Sipahalima baik dari pandangan positif maupun negative.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

khidmat

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Khidmat is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education including ...