Jurnal Siklus : Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Vol 1 No 1 (2023)

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BP MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT-MALAIKAT ALLAH

Siti Nazlah (UPTD SDN 013849 Siumbut-Umbut)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Pai Dan Bp Materi Iman Kepada Malaikat-Malaikat Allah. Hasil Penelitian menunjukkan penelitian ini mengungkap bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar PAI aspek akhlak pada materi Beriman kepada Malaikat-Malaikat Allah Swt. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar PAI aspek akhlak pada materi Beriman kepada Malaikat-Malaikat Allah Swt. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar PAI yang rata-rata mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) setelah dilakukan siklus II yaitu 80 model pembelajaran Discovery Learning adalah pembelajaran yang bertumpu pada kreativitas, inovasi dan motifasi para siswa. Dengan Discovery Learning, proses belajar lebih banyak bertumpu pada kegiatan para siswa secara mandiri, sementara guru bertindak sebagai perancang, fasilitator, motivator atas terjadinya kegiatan belajar mengajar tersebut, melalui Discovery Learning seorang siswa akan memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah yang selanjutnya dapat ia terapkan pada saat menghadapi masalah yang sesungguhnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalsiklus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Siklus: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the ...