Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Peningkatan Hasil Belajar Surat At-Tiin, Mengenal Kitab-Kitab Allah, Dan Orang Jujur Di Sayang Allahdengan Metode Jigsaw Di Kelas V SDN 104214 Deli Tua Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Proses pelaksanaan metode jigsaw pada materi Surat at- Tiin, Mengenal Kitab-Kitab Allah, Dan Orang Jujur Di Sayang Allah di kelas SDN 104214 Deli Tua dengan berbagai siklus berjalan dengan baik di awali perencanaan dengan membuat PTK, LOS, merancang kelompok dan menyetting kelas dan menyiapkan media pembelajaran, kedua tindakan ini merupakan proses pembelajaran yang dilakukan yang di mulai dari persiapan dengan do’a dan absensi, membaca bersama, menerangkan materi, diskusi kelompok dan presentasi kelompok, terakhir guru mengajak do’a bersama, ketiga observasi peneliti meneliti kegiatan siswa dan guru tiap siklus, keempat dari hasil observasi tersebut di refleksi untuk pedoman pembelajaran pada siklus berikutnya. Metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Surat At-Tiin, Mengenal Kitab-Kitab Allah, Dan Orang Jujur Di Sayang Allah di kelas SDN 104214 Deli Tua terdapat pada pra siklus ada 10 siswa atau 29% mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 24 siswa atau 69% dan pada siklus II ada 31 siswa atau 89%, ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan sudah mencapai indikator yakni 75 %, ini menunjukkan usaha guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode jigsaw berhasil.
Copyrights © 2023