Jurnal Siklus : Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Vol 1 No 2 (2023)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PBL

Kustaniah Manik (SDN 038096 Pasir Mbelang)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islamdengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 038096 Pasir Mbelang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVSDN 038096 Pasir Mbelang yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥85% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥70. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SDN 038096 Pasir Mbelang setelah menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning baik pada siklus I maupun siklus II. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥70 mengalami peningkatan dari 29,63 % pada kondisi awal meningkat menjadi 74,07% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar menjadi 99,30%. Nilai rata-rata hasil belajar pada tiap siklus juga mengalami peningkatan dengan kondisi awal 58,89 meningkat menjadi 72,96 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,67.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalsiklus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Siklus: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the ...