Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih khususnya materi Infak Dan Sedekah kelas V MIS AL-IQRA melalui media flipchart. Peneliti menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan pendekatan kuantitatif. Urutan kegiatan Penelitian mencakup 4 tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media flipchart dengan menggunakan pendekatan scientific mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Aktivitas belajar siswa antara siklus 1 dan 2 mengalami peningkatan. Rata-rata aktifitas siswa meningkat dari 73,08 % pada siklus I, menjadi 85,4 % pada siklus II. Jumlah ketuntasan belajar meningkat dari 10 siswa pada siklus 1, menjadi 16 siswa pada siklus II. Besarnya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa antara siklus I dengan siklus II sebesar 10,01 %. Beberapa faktor yang mendukung dan menghambat dalam penggunaan media flipchart, tidak terlalu berarti karena pada dasarnya media flipchart akan sangat tergantung dari penerapannya. Dengan penerapan media Flipchart maka suasana belajar mengajar menjadi kondusif, dapat menstimulasi peserta didik untuk lebih semangat dan tertarik dengan apa yang diajarkan guru. Selain itu peserta didik lebih mudah memahami materi terutama tentang Infak dan sedekah yang disampaikan guru dengan menggunakan media Flipchart. Hal ini diperoleh berdasarkan analisis data yang diperoleh dari observasi.
Copyrights © 2023