Jurnal Siklus : Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Vol 1 No 2 (2023)

PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA TOPIK KARAKTERISTIK LAPISAN-LAPISAN ATMOSFER BUMI PADA SISWA KELAS X SMA DHARMA PANCASILA MEDAN 2022-2023

Tirta Ramangsa (SMA Dharma Pancasila Medan)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran geografi dengan penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL) di kelas X SMA Dharma Pancasila Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus tindakan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar afektif siswa pada siklus I sebesar 57,57% dan untuk siklus II sebesar 90,90%. Peningkatan hasil belajar afektif yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 33,33%. Selain itu, hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I sebesar 66,66% dan untuk siklus II sebesar 87,87%. Peningkatan hasil belajar psikomotor yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 21,21%. Sedangkan, ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 45,45% dan untuk siklus II sebesar 81,81%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar kognitif yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 36,36%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran geografi pada topik karakteristik lapisan-lapisan atmosfer bumi pada siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Medan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalsiklus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Siklus: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the ...