Marketica: Jurnal Ilmiah Pemasaran
Vol 1 No 1 (2024): Marketica: Jurnal Ilmiah Pemasaran

Efektivitas Pelaksanaan Strategi Event Marketing dalam Meningkatkan Minat Pelanggan Koperasi Lengkong Bakti Negara Tangerang

Gojali Supiandi (Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Efektivitas pelaksanaan strategi event marketing untuk meningkatkan minat Pelanggan Koperasi Lengkong Bakti Negara (Gerai Lengkong) Tangerang Selatan. 2) pengukuran efektivitas pelaksanaan strategi event marketing untuk meningkatkan minat Pelanggan Koperasi Lengkong Bakti Negara (Gerai Lengkong) Tangerang Selatan. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Informan penelitian diambil secara purposive sampling dengan sasaran 3 orang karyawan dan 5 orang Pelanggan di Koperasi Lengkong Bakti Negara (Gerai Lengkong). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah penulis paparkan maka dapat diambil kesimpulan bahwa strategi event marketing yang digunakan Koperasi Lengkong Bakti Negara (Gerai Lengkong) Tangerang Selatan dalam meningkatkan minat Pelanggan diniliai efektif terbukti dari semakin banyaknya Pelanggan Koperasi Lengkong Bakti Negara (Gerai Lengkong) Tangerang Selatan yang berlangganan ataupun menggunakan produk di Koperasi Lengkong Bakti Negara (Gerai Lengkong) Tangerang Selatan setelah dilaksanakannya strategi event marketing. Besarnya efektivitas pelaksanaan strategi event marketing dalam meningkatkan minat Pelanggan Koperasi Lengkong Bakti Negara (Gerai Lengkong) Tangerang Selatan melalui event-event yang ada cukup efektif yaitu Koperasi Lengkong Bakti Negara (Gerai Lengkong) Tangerang Selatan dapat memperkenalkan produk mereka. Adapun besarnya minat Pelanggan tahun 2021 sebesar 67,5% dan tahun 2022 sebesar 78%. Dari hasil perhitungan tingkat efektivitas di atas, maka termasuk kedalam kategori cukup efektif karena berada pada rasio 80% ─ 90%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

marketica

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Marketica: Jurnal Ilmiah Pemasaran adalah jurnal akademik yang mengkhususkan diri dalam bidang pemasaran. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi platform bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi dalam membagikan pengetahuan, penelitian, dan temuan terkait dengan strategi pemasaran, perilaku konsumen, ...