Marketica: Jurnal Ilmiah Pemasaran
Vol 1 No 2 (2024): Marketica: Jurnal Ilmiah Pemasaran

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Waroeng Spesial Sambal SS Cabang Kisamaun 1 Tangerang

Ahmad Rosidi (Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh kualitas pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Waroeng Spesial Sambal SS cabang Kisamaun 1 Tangerang secara parsial dan simultan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan pendekatan assositaif. Sumber data populasi pada penelitian ini sebanyak 1.812, teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan margin error 10%. Jumlah sampel yang diperoleh berjumlah 95 orang dan pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan mengacu pada skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji kuantitatif dan uji hipotesis dengan SPSS 26. Uji hipotesis parsial kualitas pelayanan diperoleh nilai thitung ttabel (3,875 >1,662) atau nilai signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Uji hipotesis parsial kualitas produk diperoleh nilai thitung > ttabel (2,375>1,662) atau nilai signifikan ≤ 0,05 (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas Pelayanan (X1) dan kualitas produk (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) yang dibuktikan dari hasil persamaan regresi linier berganda Y = 46,621 + 0,709 X1 + 0,445 X2 dan nilai Fhitung > Ftabel (12,385 > 3,100) dengan nilai signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05), nilai koefisien determinasi sebesar 64,6%, sedangkan sisanya 35,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

marketica

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Marketica: Jurnal Ilmiah Pemasaran adalah jurnal akademik yang mengkhususkan diri dalam bidang pemasaran. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi platform bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi dalam membagikan pengetahuan, penelitian, dan temuan terkait dengan strategi pemasaran, perilaku konsumen, ...