Pemanfaatan augmented reality dan virtual reality sebagai media pembelajaran dapat menstimulasi pola pikir siswa untuk mampu kritis terhadap suatu kondisi dan memberikan pemahaman dalam menvisualisasikan konsep abstrak dan struktur suatu model objek yang lebih efektif. Adapun dilaksanakannya kegiatan ini guna meningkatkan pemahaman para guru di Sekolah Ar-Raihan terkait pemanfaatan media pembelajaran alternatif dengan augmented reality dan virtual reality. Metode yang digunakan menggunakan teknik presentasi, yakni metode ceramah dan dilanjutkan dengan proses diskusi berupa tanya jawab dan praktik. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari masing-masing hasil pre-test, post-test dan survey kepuasaan peserta. Dari hasil survei tingkat kepuasan peserta terhadap kegiatanmenunjukkan persentase baik sebesar 50%, sangat baik 43% dan cukup baik sebesar 7%. Lalu, indikator sangat mengetahui peserta terhadap pemahaman materi meningkat dari sebelumnya tidak paham atau 0% menjadi rata-rata sebesar 37,2%. Hal tersebut mengidentifikasikan bahwa peserta menyambut baik dan antusias dengan kegiatan ini.
Copyrights © 2021