TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 3 No 1 (2023): TEKNOKREATIF : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Volume 3 Edisi 1

EDUKASI KEBENCANAAN DI KAWASAN WISATA KRAKATAU DAN SEKITARNYA

Asep Nurul Ajiid Mustofa (Program Studi Pariwisata, Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Institut Teknologi Sumatera.)
Mentari Pratami (Program Studi Pariwisata, Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Institut Teknologi Sumatera.)
Andi Syahputra (Program Studi Pariwisata, Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Institut Teknologi Sumatera.)
Baiq Rindang Aprildahani (Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Institut Teknologi Sumatera.)
Dicko Rizky Febriansanu (Program Studi Teknik Geologi, Jurusan Teknologi Produksi dan Industri, Institut Teknologi Sumatera.)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Bencana menjadi salah satu permasalahan bagi masyarakat yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan, sehingga dibutuhkan pengelolaan yang mampu memitigasi dan mereduksi dampak yang ditimbulkan dari kejadian bencana tersebut. Kawasan Krakatau merupakan hasil penghancuran dari letusan Gunung Krakatau Purba yang memiliki potensi cukup besar pada aspek kebencanaan dan pariwisata. Potensi tersebut dapat dijadikan sebagai ikon pariwisata berbasis edukasi bencana. Akan tetapi saat ini masih minimnya penggalian informasi terkait hal tersebut. Dalam rangka pemecahan masalah tersebut, tim PkM Institut Teknologi Sumatera (ITERA) berinisiasi untuk melakukan kegiatan dengan beberapa tahapan. Tahap awal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penggalian informasi terkait aspek kebencanaan dan potensi pariwisata. Tahap kedua, melakukan pengolahan data serta pembuatan pamphlet dan poster. Dan tahap terakhir, melakukan webinar dan sosialisasi kepada masyarakat terkait edukasi kebencanaan dan pengembangan pariwisata. Salah satu wilayah yang mendapatkan dampak langsung dan dijadikan sebagai lokasi untuk dikunjungi dan diberikan sosialisasi adalah Pulau Sebesi yang menjadi tempat transit bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Kawasan Gunung Krakatau dan sebagai wilayah yang mendapatkan dampak dari potensi bencana yang ada di kawasan tersebut. Diharapkan dengan adanya kegiatan PkM ini, diharapkan dapat meberikan dampak positif bagi masyarakat lokal dan khalayak umum, dalam upaya peningkatan pengetahuan terkait kebencanaan dan pengembangan potensi wisata alternatif minat khusus di Kawasan Krakatau dan sekitarnya, serta dapat dijadikan sebagai inisiasi awal dalam pengembangan Kawasan Krakatau sebagai Volcano Research Center.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

teknokreatif

Publisher

Subject

Other

Description

TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat merupakan jurnal penerapan teknologi kepada masyarakat yang dikelola oleh Institut Teknologi Sumatera, Lampung Selatan, Indonesia. Sejak tahun 2023 jurnal ini terbit berkala 3 (tiga) kali dalam setahun (April, Agustus, dan Desember). Tujuannya adalah ...