Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari - Juni 2024

Studi Literatur: Penggunaan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Program Linear

Irda Auliya Hadi Lubis (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nurul Choriah Tumanggor (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Hikmah Fazariah (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Lina Yana Nababan (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Siti Salamah Br. Ginting` (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Saat ini, model pembelajaran berbasis masalah menjadi trend untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa ketika diterapkan pada materi program linier. Dalam penelitian ini, tinjauan literatur digunakan dengan melibatkan tahapan pengumpulan data, pemilihan data, analisis data, diskusi, dan penarikan kesimpulan setelah melakukan studi literatur. Berdasarkan studi literatur menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa sejalan dengan pembelajaran berbasis masalah. Dalam artian, penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi program linier. Penelitian ini dimungkinkan dengan ditemukannya keterkaitan antara publikasi yang mengangkat isu yang sama yang ditindaklanjuti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...