Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari - Juni 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator 3 Berbasis STEAM pada Muatan Matematika Sekolah Dasar

Eunike Sirait (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta)
Herlina Usman (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta)
Prayuningtyas Angger Wardhani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melakukan dan mengetahui analisis kebutuhan terkait pengembangan media pembelajaran Smart Apps Creator 3 berbasis STEAM pada muatan matematika sekolah dasar. Penelitian dilatarbelakangi oleh temuan kesulitan guru dan siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun, dalam penelitian ini dibatasi hanya pada tahapan awal dalam model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), yakni Analysis. Subjek dalam penelitian melibatkan guru dan siswa kelas IV di SDN Kemayoran 13. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan wawancara dan kuesioner. Instrumen dalam penelitian terdiri dari 10 butir pertanyaan wawancara untuk guru dan 10 butir pernyataan kuesioner untuk siswa. Temuan menunjukkan bahwa baik guru maupun siswa kelas IV di SDN Kemayoran 13 mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika dengan beberapa permasalahan seperti penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi, pemilihan model/pendekatan pembelajaran yang kurang dikuasai, dan penyampaian materi pembelajaran yang kurang maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Smart Apps Creator 3 berbasis STEAM pada muatan matematika untuk siswa sekolah dasar memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Artinya, kebutuhan untuk mengembangkan media pembelajaran Smart Apps Creator 3 berbasis STEAM pada muatan matematika untuk siswa sekolah dasar sangatlah penting. Adanya pengembangan media pembelajaran Smart Apps Creator 3 berbasis STEAM diharapkan memudahkan siswa dalam memahami konsep matematika karena disajikan dalam konteks yang lebih luas dan relavan dalam kehidupan sehari-hari serta membantu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, kreativitas, dan kolaborasi khususnya pada materi pecahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...