Teknologi pada masa sekarang yang sudah maju tidak memungkinkan semua orang untuk tidak bepergian ke seluruh dunia baik itu jauh maupun dekat. Travel di masa sekarang sudah sangat membantu semua orang yang berkeinginan melakukan perjalanan jauh karena semua serba praktis melalui online. Artificial intelligence pada masa sekarang sudah mulai di kenal oleh orang banyak, pada dasarnya AI merupakan suatu pengetahuan yang dimana komputer dapat meniru kecerdasan manusia dan salah satu produk diantara nya adalah chat-bot. Dalam industri tentu membutuhkan support pelayanan yang siap bersedia dalam 24/7 tentu ini menjadi masalah jika terjadi sesuatu yang mendesak dalam menhadapi pelayanan online sehingga chat-bot adalah salah satu solusi yang palih ampuh, akan tetapi salah satu masalah utama apabila chat-bot juga masih mengandalkan user asli untuk menghadapi masalah pelayanan 24/7 juga akan tidak terlalu efektif dan juga tidak semua chat-bot memiliki fitur pengenalan suara yang dapat mengoptimalkan penyampaian informasi lebih cepat. sehingga peneliti bertujuan untuk menguji pengaruh chat-bot dengan fitur pengenalan suara pada website perjalanan di kota batam dengan menggunakan metode agile sebagai metode pengembangan dan menggunakan algoritma hidden markov model dan juga recurrent neural network. Kemudian menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan respon pengguna chat-bot yang dikembangkan. Hasil dari data yang didapatkan respon positif dalam pengujian menyatakan bahwa pengguna website travel di sarankan untuk menggunakan chat-bot sebagai sumber informasi. Dari sini bisa disimpulkan bahwa website yang menerapkan chat-bot dengan sistem speech recognition lebih diminati pengguna dikarenakan mudah untuk mendapatkan akses informasi tertentu untuk membantu pengguna mengambil keputusan yang tepat.
Copyrights © 2023