Jurnal Ekonomika dan Bisnis
Vol. 9 No. 1 (2022): Volume 9 Nomor 1 April 2022

Strategi Marketing Global Luxury Brand “Louis Vuitton” Dalam Value Creation Melalui Figure Korean Wave

Cut Mauliamala (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Adiasri Putri Purbantina (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Korean Wave merupakan salah satu fenomena global yang saat ini sedang berkembang dan meluas di dunia. Akibat dari meluasnya globalisasi budaya tersebut hingga membuat sebuah perusahaan MNC luxury brand untuk ikut memanfaatkan figure-figureKorean Wave dalam memasarkan dan mempertahankan citra mereknya. Denganmenjadikan figure-figure Korean Wave sebagai brand ambassador, perusahaan luxury brand dapat mempercayai adanya kemudahan dalam berkomunikasi terkait produknya melalui popularitas figure Korean Wave tersebut. Riset ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan memberikan gambaran fenomena yang akan diteliti serta menganalisis data-data yang ada dan menghasilkan data lisan atau kata-kata dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder. Riset ini menggabungkan konsep Strategi Marketing Global, Value Creation, Value Chain, dan Brand ambassador (visibility, credibility, attraction (similarity, physical likability, dan nonphysical likability), dan power) untuk mengidentifikasikan para figure Korean Wave yang pantas dalam kampanye produk luxury brand. Hasil dari penelitian ini adalah dengan memanfaatkan arus globalisasi Korean Wave, perusahaan luxury brandLouis Vuitton dengan mudah dapat memasarkan dan mempertahankan nilai mereknya kepada konsumen global khususnya di pasar Asia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEB: Journal Economic and Bussines is an National Journal published by Faculty of Economics and Business Selamat Sri University (UNISS) in collaboration with The BPS Statistics Indonesia (MoU). JEB: Journal Economic and Bussines is aimed at being a medium for research results dissemination and ...