IMS (Integrated Management System) adalah sebuah aplikasi yang dirancang sebagai solusi terpadu dengan tujuan utama untuk mengintegrasikan berbagai aspek yang terkait dengan manajemen perusahaan. Aplikasi ini diharapkan akan memberikan kemudahan dalam memantau dan mengendalikan berbagai aspek manajemen perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan tingkat kepuasaan pengguna terhadap aplikasi IMS. Hal ini dilakukan karena PT XYZ belum pernah melakukan evaluasi terhadap respon dari pengguna aplikasi IMS mengenai kinerja dari aplikasi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan informasi mengenai tingkat kepuasan pengguna aplikasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Penggunaan metode CSI dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan secara menyeluruh dengan melihat tingkat kepentingan dari suatu produk atau jasa. Sedangkan metode IPA digunakan sebagai alat diagnosis untuk menentukan kinerja pada masing masing atribut yang telah ditentukan. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software Microsoft excel dan SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan data pada metode CSI didapatkan skor sebesar 79,55% yang menandakan bahwa kepuasan pegawai termasuk ke dalam kategori “puas” terhadap pembangunan aplikasi Integrated Management System (IMS). Sedangkan hasil olah data dengan menggunakan metode IPA diketahui bahwa variabel yang menjadi prioritas utama perbaikan dimana memiliki tingkat kepentingan yang sangat penting tetapi memiliki kinerja yang rendah terdapat pada kuadran 1. Terdapat tiga pernyataan di kuadran 1 yaitu aplikasi IMS memiliki desain yang menarik, aplikasi IMS memberikan informasi yang tepat waktu dan Aplikasi IMS menyajikan informasi dalam format yang tepat.
Copyrights © 2023