Jurnal PAKEM AMATA
Vol. 3 No. 1 (2023)

Pembelajaran Batuan Berbasis Praktikum Kepada Siswa/i Geologi Pertambangan SMK Amamapare Timika Pada Daerah Sekitar Kali Iwaka- Mimika

Mapuay Afasedanya (Politeknik Amamapare)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

ABSTRAK SMKS Amamapare adalah merupakan salah satu Sekolah SMK yang berada di Kabupaten Mimika, yang beralamat dijalan Poros-Timika Mapurjaya ,Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika. Smk ini adalah salah sekolah kejuruan di kabupaten Mimika yang memiliki 3 program studi/jurusan yaitu Geologi-Pertambangan, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Rekayasa Internet dan Jaringan. Geologi Pertambangan merupakan salah satu jurusan/program studi unggulan yang terdapat pada Smk Amamapare sehingga sangatlah penting untuk memberikan materi tambahan/pembelajaran berbasis praktikum mengenai pengenalan deskripsi sampel hasil pemboran kepada siswa/I jurusan Geologi Pertambangan,sehingga dapat menjadi bekal bagi mereka nanti ke depannya. Selain itu untuk Kabupaten Mimika sendiri, Smk Amamapare merupakan salah satu smk yang memiliki Jurusan Geologi-Pertambangan dengan prospek yang cerah ke depannya yang akan dijadikan sebagai sekolah pemodelan di Kabupaten Mimika.Oleh karena itu, LPPM Politeknik Amamapare Timika khususnya Dosen pada Prodi Teknik Pertambangan berniat untuk melaksanakan Kegiatan pelatihan Deskripsi Sampel hasil bor dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan meraka dalam dunia ilmu kebumian dan menghasilkan sebuah karya sendiri dan dapat memotifasi mereka untuk dapat menjadi seorang wirausaha. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan cara ceramah, diskusi dan Praktikum di laboratorium Geologi Smks Amamapare Timika. Pada saat pelaksanaan kegiatan terlihat antusiasme peserta dengan berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. Pemahaman dan penerapan secara langsung yang disesuaikan dengan kondisi lapangan/sampel yang tersedia merupakan hasil dari penyuluhan yang diberikan. Kata Kunci : Smks Amamapare, Deskripsi Sampel Bor, Pembelajaran

Copyrights © 2023