Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara
Vol 10, No 3 (2023): Dinamika

PENGEMBANGAN DIGITALISASI BUMDES DI KABUPATEN TASIKMALAYA (STUDI KASUS BUMDES MAKMUR ABADI SEJAHTERA DI DESA PASIR BATANG)

Dian Herlina (STIA YPPT Tasikmalaya)
Andi Andi (STIA YPPT Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Pengembangan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) Makmur Abadi Sejahtera menjadi semakin penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di tingkat desa. Digitalisasi telah diakui sebagai solusi strategis untuk mengoptimalkan operasional BUMDES dan memperluas dampak positifnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan pengembangan digitalisasi BUMDES di Desa Pasir Batang, Kabupaten Tasikmalaya,Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus sebagai kerangka utama. Melalui wawancara mendalam dengan anggota BUMDES, pemerintah desa, dan masyarakat, serta observasi langsung terhadap implementasi digitalisasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa  masih adanya hambatan-hambatan dalam  keterbatasan teknologi dan akses internet, kurangnya keterampilan digital , perubahan Budaya dan mindset, biaya Implementasi, keamanan data dan privasi, kesesuaian dengan kebutuhan lokal, perubahan sosial-ekonomi, penerimaan dan partisipasi masih rendah Temuan ini bisa menjadi bahan pertimbangan atau focus pengembangannya bagi desa-desa lain yang ingin mengadopsi digitalisasi sebagai alat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi lokal. Kesimpulan dalam  Pengembangan digitalisasi BUMDES Makmur Abadi Sejahtera Desa Pasir Batang Kabupaten Tasikmalaya  belum berjalan dengan semestinya  dalam menjawab tantangan perkembangan zaman. Oleh karena itu, upaya untuk mengembangkan digitalisasi BUMDES Desa Pasir Batang harus terus didorong melalui kerjasama antara pemerintah dengan lembaga Pendidikan Tinggi yang ada di sekitar wilayah Tasikmalaya dan sektor swasta.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Dinamika merupakan media publikasi Karya Tulis Ilmiah di bidang Ilmu Administrasi Negara yang berada di lingkungan Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Galuh dengan ISSN: 2356-2269 (Print) dan eISSN: 2614-2945 (Online) yang mempublikasikan hasil penelitian mahasiswa dan ...