Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab
Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 Nomor 1 April 2019

PENDEKATAN DAN METODE AUDIO LINGUAL

Sardiyana Sardiyana (IAIM Sinjai)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2019

Abstract

Bahasa ialah suatu realitas yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tumbuh kembangnya manusia pengguna bahasa itu. Realitas bahasa dalam kehidupan ini semakin menambah kuatnya eksistensi manusia sebagai makhluk berbudaya dan beragama. Berbicara mengenai bahasa, kita akan mengenal adanya bahasa kedua atau bahasa asing selain bahasa ibu. Tujuan utama pembelajaran bahasa asing adalah kemampuan pelajar dalam menggunakan bahasa itu baik lisan maupun tulis. Kemampuan menggunakan bahasa dalam dunia pengajaran bahasa disebut keterampilan berbahasa. pendekatan teori yang mendasari pengajaran bahasa, yaitu teori tata bahasa tradisional dan struktural. Metode audiolingual adalah metode mendasarkan diri kepada pendekatan struktural dalam pengajaran bahasa. Sebagai implikasinya metode ini menekankan penelaahan dan pendeskripsian suatu bahasa yang akan dipelajari dengan memulainya dari sistem bunyi (fonologi), kemudian sistem pembentukan kata (morfologi), dan sistem pembentukan kalimat (sintaksis).Langkah-langkah pembelajaran metedo Audio Lingual yaitu pelajar harus menyimak, kemudian berbicara, lalu membaca, dan akhirnya menulis, tata bahasa harus disajikan dalam bentuk pola-pola kalimat atau dialog-dialog dengan topik-topik situasi-situasi sehari-hari, latihan (drill/al-tadribat) harus mengikuti operant-conditioning, semua unsur tata bahasa harus disajikan dari yang mudah kepada yang sukar atau bertahap (graded exercise/tadarruj/al-tadrib), kemungkinan-kemungkinan untuk membuat kesalahan dalam memberi respon harus dihindarkan, sebab penguatan positif dianggap lebih efektif dari pada penguatan negatif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

naskhi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aim Naskhi Journal: Journal of Education and Arabic Language Studies is a journal that focuses on the study of Arabic language education as a foreign language, Arabic linguistics, the history of Arabic language education, as well as various critical studies about the problems of learning Arabic ...