Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran nahwu Jurmiyah dengan pendekatan penggunaan peta konsep dalam proses pembelajaran daring akibat ketidak-mungkinan melakukan pembelajaran tatap muka langsung karena wabah covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A & VII B Depag MTs Salafiyah Syafi’iyah Tahun 2021. Jumlah populasi keseluruhan adalah 70 siswa dengan masing-masing kelas berisi 35 siswa. Dari data yang telah terkumpul diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan peta konsep pada mata pelajaran nahwu Jurmiyah di kelas VII A & VII B Depag MTs Salafiyah Syafi’iyah dalam proses pembelajaran daring dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa menjadi 83% dengan indikator 80% dari jumlah populasi harus mendapatkan nilai di atas 70. Hal ini dapat dirinci, pada siklus I mayoritas siswa mampu menyerap penguasaan konsep dengan rata-rata nilai 67. Sedangkan dalam siklus ke II setelah diberlakukan penggunaan bahan ajar dengan peta konsep, kemampuan siswa menyerap pemahaman materi menjadi naik dan meningkat menjadi rata-rata 77. Dan siswa terlihat lebih aktif dan dapat merespon dengan lebih baik saat menggunakan bahan ajar dengan peta konsep, serta motivasi belajar siswa menjadi lebih tinggi.
Copyrights © 2021