Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi signifikan untuk mengatasi membludaknya masalah pengangguran yang tinggi. Hal ini dikarenakan daya serap UKM terhadap tenaga kerja yang sangat besar dan dekat dengan rakyat kecil. Tetapi UKM yang ada di desa Ghonsume masih banyak menghadapi berbagai masalah antara lain masalah manajerial, pemasaran, mutu, pemanfaatan teknologi tepat guna seperti internet, facebook, youtube, instagram serta masalah promosi dan penjualan produk yang dihasilkan. Oleh karena itu, penjualan dan pemasaran produk melalui pemanfaatan e-commerse atau teknologi patut dicoba untuk dapat membantu para pelaku UKM yang ada di desa Ghonsume. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan juga pengetahuan kepada mitra dalam meningkatkan daya saing dan mutu produksi di desa Ghonsume. Metode yang digunakan adalah dengan cara melakukan observasi, edukasi dan monitoring. Hasil dari pada program pemberdayaan ini mitra mengetahui cara pemanfaatan teknologi untuk pemasaran produksi maupun untuk pengiklanan serta promosi atau pengenalan produk usaha melalui aplikasi facebook, youtube, whatsapp, instagram dan lainnya. Dengan demikian mitra dapat memahami dan menguasai fasilitas informasi tersebut serta dapat mengenalkan produk usahanya sekaligus sebagai media pemasaran.
Copyrights © 2024