Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat negatif siswa Sekolah Dasar (SD) melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Model penelitian ini berupa penelitian kuntitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (Quasi Experiment) the purposive Control Gourp Pretest – Posttest Design. Instrumen pada penelitian ini berupa soal pretest dan posttest dalam bentuk soal uraian sebanyak lima soal yang diberikan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen serta lembar observasi. Teknik analisis data dengan melakukan uji statistik berbantuan aplikasi Statistical Program for Social Science (SPSS). Hasil yang diperoleh berdasakan perhitungan didapat nilai Asymp sig (2-tailed) sebesar 0,002 sehingga dapat dikatakan nilai ini lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 artinya hipotesis alternatif yang menyatakan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat negatif siswa SD melalui pendekatan RME lebih efektif.
Copyrights © 2024