Jurnal Dieksis ID
Vol. 3 No. 2 (2023): Juli - Desember 2023

Bahasa dan Ideologi Dalam Iklan Skincare Somethinc (Kajian Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough)

Lili Harmasari (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Andi Karman (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Sehe Madeamin (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Taupiq Taupiq (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk bahasa dan ideologi pada iklan skincare Somethinc. Metode penelitian ini yaitu kualitatif. Data penelitian ini yaitu iklan skincare Somethinc pada youtube. Penelitian analisis wacana kritis, teori Norman Fairclough yang membahas tentang kajian bahasa yang digunakan dalam iklan diantaranya, dimensi teks meninjau tiga dimensi. Tiga dimensi tersebut meliputi, dimensi teks (analisis struktur, analisis makna, analisis implikasi teks), dimensi diskursus (analisis formasi diskursus, analisis representasi, analisis intertekstualitas), dan dimensi praktik sosial (analisis posisi sosial, analisis praktik sosial, analisis perubahan sosial). Sementara ideologi menganalisis teks kalimat dan artis yang digunakan sebagai BA. Hasil dari penelitian memaparkan mengenai makna dibalik penggunaan bahasa dan ideologi dalam teks, simbol maupun gambar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dieksis

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Dieksis ID merupakan Jurnal atau publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Dieksis ID menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang ditulis berdasarkan hasil kajian dan kajian literatur di bidang Bahasa, Sastra, Budaya, dan Seni pada pendidikan dasar, ...