Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kevalidan bahan ajar biologi materi Ruang Lingkup Biologi dengan model pembelajaran Flipped Classroom pada kelas X SMA Negeri 5 Palopo, (2) kepraktisan bahan ajar biologi materi Ruang Lingkup Biologi dengan model pembelajaran Flipped Classroom pada kelas X SMA Negeri 5 Palopo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari pengembangan Borg and Gall meliputi tahap pengumpulan data/informasi, perencanaan, pengembangan bentuk produk, validasi dan uji coba awal, serta uji coba ahkir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar e-modul yang dikembangkan valid dan praktis dan dapat dijadikan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Hasil validasi ahli materi yaitu 82 dari skor maksimal 100 dengan kriteria baik, dan ahli media dengan nilai 84 dari skor maksimal 100 berada pada kriteria sangat baik, serta hasil respon guru dengan nilai 95 dari skor maksimal 100 yang merupakan kriteria sangat baik, dan respon siswa dengan nilai 79 dengan kriteria baik
Copyrights © 2021