Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu
Vol. 3 No. 1 (2023): Juni 2023

Meningkatkan Kemampuan Kognitif IPA Siswa pada Materi Panas dan Perpindahannya Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Ritha Hima Watie (SDN Sobrah Wungu Madiun)
Riskawati Riskawati (Universitas Negeri Makassar)
Hendra Baharuddin (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Kemampuan kognitif siswa perlu ditingkatkan supaya dapat meningkatkan proses dan hasil belajarnya. Salah satunya dengan implementasi model pembelajaran IPA berbasis masalah materi panas dan perpindahan Hasil pengamatan belajar siswa menunjukkan rendahnya hasil belajar yang tidak memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa SDN Sobrah Kabupaten Madiun dalam IPA materi panas dan perpindahan dengan menggunakan model PBL. PTK di SDN Sobrah Kabupaten Madiun, dengan menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas, atau yang terdiri dari empat bagian: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Fokus studi adalah Kelas V memiliki 23 siswa, 9 putra dan 14 putri. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan tes; Metode penelitian terdiri dari lembar observasi dan soal tes, dan analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di siklus I memiliki nilai rata-rata 71,95 dengan ketuntasan 48%, dan siswa di siklus II memiliki nilai rata-rata 81,30, dengan ketuntasan 83%. Siswa kelas V SDN Sobrah Kabupaten Madiun menunjukkan peningkatan kognitif yang disebabkan oleh materi panas dan perpindahan IPA. Studi ini menemukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (PBL) adalah salah satu yang paling mudah digunakan untuk instruksi di kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal PELITA atau Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu  merupakan karya ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Pelita menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang ditulis berdasarkan hasil kajian dan kajian literatur di bidang Pembelajaran IPA Terpadu pada pendidikan dasar, ...