Kappa Journal
Vol 7 No 3 (2023): Desember

Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Laxmi Zahara ((Google Scholar ID:Gu-bSWEAAAAJ, Subject Area: Physics Education), Universitas Hamzanwadi)
Khaerus Syahidi (Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Hamzanwadi)
Fartina Fartina (Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Hamzanwadi)
Baiq Aryani Novianti (Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Hamzanwadi)
Sapiruddin Sapiruddin (Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiwa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakankelas karena mengupayakan perbaikandalam praktik pembelajaran dan melihat pengaruhnya. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan Model Pembelajaran Project Base Learning. Aspek kemampuan berpikir kritis yang ditinjau adalah: 1) mengevaluasi; 2) Menganalisis argumen; 3) Mengidentifikasi Asumsi dan 4) memutuskan dan melaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan berpikir kritis mahasiswa mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 18%.Untuk mahasiswa yang nilainya di atas 65 pada siklus I sebesar 15% meningkat pada siklus 2 menjadi 58% meningkat sebesarĀ  43%

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kpj

Publisher

Subject

Astronomy Physics Other

Description

Kappa Journal (e-ISSN 2549-2950) mempublikasikan artikel hasil-hasil penelitian fisika, inovasi pembelajaran fisika, dan pemikiran-pemikiran kritis tentang fisika maupun pendidikan fisika. Kappa Journal diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi dua kali setahun yakni setiap bulan Juni dan ...