Madaniya
Vol. 5 No. 2 (2024)

Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dengan Menggunakan Metode Kolaboratif-Interaktif Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Kota Bengkulu

Yumiati Yumiati (Universitas Terbuka)
Saleh Haji (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Kemampuan guru-guru Sekolah Dasar (SD) di Kota Bengkulu dalam menyusun proposal tindakan kelas (PTK) masih rendah. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun proposal PTK. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan penyusunan proposal PTK dengan menggunakan metode kolaboratif-interaktif. Peserta sebanyak 72 orang guru-guru di Kota Bengkulu. Waktu pelatihan dan pendampingan pada tanggal 27 Mei dan 14 Juni 2022 di SDN 09 dan SDN 22 Kota Bengkulu. Evaluasi kegiatan dilakukan pada awal, proses, dan akhir pelatihan dan pendampingan. Hasil yang diperoleh terjadi peningkatan pengetahuan guru dalam menyusun proposal PTK sebesar 0,4 dengan skor rata-rata sebesar 65 yang termasuk dalam kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...