Jurnal Research Ilmu Pertanian
Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Research Ilmu Pertanian (Februari 2021)

ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI MINUMAN KOPI SOLOK RADJO DI ERA NEW NORMAL (Studi Kasus pada Coffee Shop Rimbun Espresso and Brew Bar Kota Padang)

Pratomo, Hengky (Unknown)
Gusriati (Unknown)
Herda Gusvita (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen dan menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli minuman kopi Solok Radjo di era new normal studi kasus di Coffee Shop Rimbun Espresso And Brew Bar Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2020. Populasi di dalam penelitian ini adalah konsumen minuman kopi Solok Radjo di Coffee Shop Rimbun Espresso And Brew Bar Kota Padang dengan kriteria: umur responden ≥17 tahun dan mengkonsumsi minuman kopi berbahan baku Solok Radjo. Berdasarkan kriteria tersebut terdapat 30 responden. Metode penentuan responden dengan menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu kultur , sub kultur, kelas sosial, kelompok acuan, keluarga, peran dan status, umur dan tahap siklus hidup, pekerjaan , motivasi, persepsi, pengetahuan, dan kepercayaan dan sikap. Secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen minuman kopi Solok Radjo, hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian uji F dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 atau F <0,005. Secara parsial kultur, kelompok acuan, peran dan status, umur dan tahap siklus hidup, motivasi, persepsi, dan kepercayaan dan sikap berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen minuman kopi Solok Radjo, hal ini ditunjukan dengan hasil pengujian uji t dengan nilai signifikan t < 0,005) yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga ditarik kesimpulan bahwa perilaku konsumen minuman kopi Solok Radjo di Coffee Shop Rimbun Espresso and Brew Bar dipengaruhi secara signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Research Ilmu Pertanian (JRIP) diterbitkan oleh LPPM Universitas Ekasakti untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari dalam dan luar Fakultas Pertanian Universitas Ekasakti. Jurnal ini berisi penulisan hasil penelitian yang berada dalam ruang lingkup disiplin ilmu ...