Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo dalam menulis teks prosedur; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur dari segi isi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo; 3) mendeskripsikan aspek struktur penulisan teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo; 4) berbicara tentang kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo tentang kaidah menulis; 5) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur tentang aspek ciri kebahasaan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan bilangan untuk mengukur kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo dalam menulis teks prosedur. Partisipan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo tahun ajaran 2022/23. Ada 43 siswa di masing-masing dua kelas. Penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo sebagai sampel. Tes tertulis digunakan sebagai instrumen penelitian. Informasi pemeriksaan diselidiki dengan jelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabawo mampu memilih kata dengan persentase kemampuan 34,88 persen, melengkapi struktur dengan persentase kemampuan 9,30 persen, kaidah penulisan kata dengan persentase kemampuan 32,56 persen, penggunaan kalimat dengan persentase kemampuan 32,56 persen, dan penggunaan tanda baca dengan persentase 23,26%.
Copyrights © 2024