Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) Keterampilan dasar mengajar guru dalam membuka pelajaran (ii) Keterampilan dasar mengajar guru dalam menutup pelajaran (iii) Keterampilan dasar mengajar guru dalam menjelaskan pelajaran (iv) Keterampilan dasar mengajar guru dalam bertanya (v) Keterampilan dasar mengajar guru dalam mengadakan variasi (vi) Keterampilan dasar mengajar guru dalam memberikan penguatan (vii) Keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola kelas (ix) Keterampilan dasar mengajar guru dalam membimbing diskusi kelompok kecil. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan Guru Bahasa Indonesia kelas XII dan wawancara dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam membuka pelajaran telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (ii) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam menutup pelajaran telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (iii) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam menjelaskan pelajaran telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (iv) Indikator Keterampilan dasar mengajar guru dalam bertanya telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (v) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam mengadakan variasi telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru kecuali pada indikator variasi menarik perhatian tidak diterapkan oleh Guru (vi) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam memberikan penguatan telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (vii) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola kelas telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (ix) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam membimbing diskusi kelompok kecil telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru.
Copyrights © 2024