Jurnal Pendidikan Sang Surya
Vol. 10 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Sang Surya

ABILITAS GURU BAHASA INDONESIA DI SMA

Nasir (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BULUKUMBA)
Abd. Rahman Rahim (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Abdul Munir (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Abdul Munir (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Jihad Talib (Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
Jihad Talib (Universitas Muhammadiyah Bulukumba)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) Keterampilan dasar mengajar guru dalam membuka pelajaran (ii) Keterampilan dasar mengajar guru dalam menutup pelajaran (iii) Keterampilan dasar mengajar guru dalam menjelaskan pelajaran (iv) Keterampilan dasar mengajar guru dalam bertanya (v) Keterampilan dasar mengajar guru dalam mengadakan variasi (vi) Keterampilan dasar mengajar guru dalam memberikan penguatan (vii) Keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola kelas (ix) Keterampilan dasar mengajar guru dalam membimbing diskusi kelompok kecil. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan Guru Bahasa Indonesia kelas XII dan wawancara dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam membuka pelajaran telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (ii) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam menutup pelajaran telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (iii) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam menjelaskan pelajaran telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (iv) Indikator Keterampilan dasar mengajar guru dalam bertanya telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (v) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam mengadakan variasi telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru kecuali pada indikator variasi menarik perhatian tidak diterapkan oleh Guru (vi) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam memberikan penguatan telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (vii) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola kelas telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru (ix) Indikator keterampilan dasar mengajar guru dalam membimbing diskusi kelompok kecil telah diterapkan dan dikuasai oleh Guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpss

Publisher

Subject

Education

Description

1.Pengembangan dan penerapan kurikulum dalam proses pembelajaran; 2.Kegiatan dan proses dalam pembelajaran; 3.Evaluasi dan hasil pembelajaran; 4.Kebijakan, manajemen dan pembiayaan pendidikan; dan 5.Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses ...