Pembangunan karakter bangsa dapat dilakukan melalui pengembangan karakter individu. Namun karena manusia hidup dalam lingkungan sosial dan budaya tertentu, maka pengembangan karakter individu seseorang hanya dapat dilakukan dalam lingkungan sosial dan budaya yang bersangkuta. Penelitian yang digunakan adalah ex post facto, dimana peneliti menghubungkan sebab dan akibat yang tidak dimanipulasi atau ditangani (dirancang dan dilaksanakan) oleh peneliti. Pembelajaran PAI berpengaruh signifikan terhadap karakter siswa, karena nilai p = 0,000 lebih kecil dari 5%. Kriteria korelasinya sangat kuat (ry1,2 = 0,886). Dengan demikian, budaya sekolah dan pembelajaran PAI ada hubungannya secara mandiri atau tidak dengan karakter siswa Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Variabel yang paling dominan mempengaruhi karakter siswa adalah variabel pembelajaran PAI. Berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa budaya sekolah dan pembelajaran PAI secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap karakter siswa Madrasah. Terdapat pengaruh positif antara budaya sekolah dan pembelajaran PAI dengan karakter siswa, hal ini menunjukkan bahwa karakter siswa akan meningkat jika budaya sekolah dan pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah Negeri Palopo.
Copyrights © 2024