Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi perencanaan bisnis yang harus diterapkan perusahaan untuk tetap bertahan di masa pandemi dan mengetahui jenis usaha mana saja yang menjadi prioritas ketika masa pandemi. Adapun yang menjadi pokok permasalahan antara lain bagaimana strategi perencanaan bisnis yang harus diterapkan perusahaan di masa pandemi dan apa saja jenis usaha yang menjadi prioritas selama masa pandemi. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dan dokumentasi yaitu dengan cara menghimpun informasi relevan topik yang menjadi objek penelitian dari buku-buku, karya ilmiah, tesis, disertasi, dan jurnal. Hasil dari penelitian ini yaitu perusahaan yang sukses di era pandemi adalah perusahaan yang dapat beradaptasi dengan 4 karakteristik, mengutamakan kebersihan, sedikit bersentuhan (low-touch), sedikit keramaian (less-crowd), dan rendah mobilitas (low-mobility). Perencanaan keberlangsungan bisnis perusahaan sangat penting di masa pandemi. Kesimpulan dari penelitian antara lain digital marketing merupakan salah satu solusi untuk menjual produk di masa pandemi dalam menjaga keberlangsungan bisnis, selanjutnya ada 5 sektor bisnis utama yang bertahan di tengah pandemi covid-19 antara lain food & beverage, usaha kebutuhan bahan pokok, usaha jasa/produk kesehatan, usaha jasa pendidikan dan pelatihan, bisnis digital.
Copyrights © 2022