JAPB
Vol. 5 No. 1 (2024)

PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PAK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP SE KABUPATEN FLORES TIMUR

Klemensia Leri Maran (Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka)
Hermania Bhoki (Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka)
Yosep Belen Keban (Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Prestasi belajar siswa SMP di kabupaten Flores Timur pasti dipengaruhi oleh kemampuan guru dan minar belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan mengajar guru PAK dan minat belajar mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Lokasi penelitian di sekolah menengah pertama di kabupaten Flores Timur. Penelitian ini melibatkan semua guru PAK di SMP di kabupaten Flores Timur, yang berjumlah orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif dan statistik inferensial, seperti regresi linear berganda. Aplikasi SPSS versi 16 digunakan untuk menguji hipotesis dengan uji F dan uji t. Hasil menujukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar peserta didik SMP se kabupaten Flores Timur dengan hasil nilai thitung sebesar 2,068 dan nilai ttabel sebesar 0,244. (2) ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar peserta SMP se kabupaten Flores Timur dengan hasil nilai thitung sebesar 2,398 dan nilai ttabel sebesar 0,244. (3) ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik SMP se kabupaten Flores Timur dengan hasil nilai fhitung  sebesar 42,130  dan nilai ttabel sebesar 3,143.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

japb

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal JAPB yang dikelolah oleh LPPM STP Reinha Larantuka diterbitkan dua kali dalam setahun dan mencakup ilmu pendidikan agama ...