Jurnal Ilmiah Betrik : Besemah Teknologi Informasi dan Komputer
Vol. 15 No. 01 APRIL (2024): JURNAL ILMIAH BETRIK : Besemah Teknologi Informasi dan Komputer

ANALISA PENGARUH VIDEOGRAFI PROMOSI DESTINASI WISATA TERHADAP DAYA MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI SURVEI VIDEO PROMOSI PULAU BINTAN)

Hendi Sama (Universitas Internasional Batam)
Edi Santoso (Universitas Internasional Batam)
Indasari Deu (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Pariwisata telah menjadi salah satu bagian dari pilar ekonomi yang cukup penting dan berpengaruh di setiap negara. Melalui promosi destinasi wisata berbasis multimedia, khususnya dengan menggunakan teknik videografi, pelaku bisnis destinasi wisata dapat menceritakan dan mempromosikan kearifan budaya lokal, tradisi lokal, agama, kuliner, sejarah, kesempatan untuk investasi pembangunan, aktivitas atau olahraga unik, hingga resort ataupun akomodasi. Dengan adanya kampanye promosi destinasi wisata berbasis multimedia, dapat menarik minat calon wisatawan dengan penyampaian informasi secara tepat sasaran melalui audio maupun visual yang dapat dilihat dan didengar melalui alat komunikasi yang miliki oleh setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dampak videografi dalam mempromosikan destinasi wisata terhadap daya minat kunjungan wisatawan dengan mengidentifikasi elemen-elemen dalam sebuah kampanye promosi dengan teknik videografi yang dapat mempengaruhi persepsi dan keputusan calon wisatawan untuk berkunjung ke sebuah destinasi wisata. Dengan metode penelitian studi survei ini, dapat dikumpulkan data opini dari calon wisatawan yang telah menonton video promosi destinasi wisata, hasil respon dan penelitian ini dapat memberikan arahan dan petunjuk bahwa kualitas, teknis dan konten video promosi memainkan peran penting dalam membentuk minat positif bagi para wisatawan untuk berkunjung ke suatu destinasi wisata. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengaruh videografi promosi dalam industri pariwisata dan memberikan panduan bagi pemasar destinasi wisata untuk menciptakan kampanye promosi yang lebih efektif, efisien, tepat sasaran serta memberikan pemahaman lebih tentang perilaku konsumen atau consument behaviour dalam konteks pariwisata yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya tarik dan minat calon wisatawan untuk berkunjung ke suatu destinasi wisata dan mendukung pertumbuhan industri pariwisata setempat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

betrik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Besemah Teknologi Informasi dan Komputer (BETRIK) is a national journal published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), Institut Teknologi Pagar Alam (ITPA). This scientific work was published in 3 editions, with topics related to Computers, Technology, and Science. Topics ...