Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ)
Vol. 4 No. 3 (2023): Community Engagement & Emergence Journal (CEEJ)

Peningkatan Pengetahuan Siswa/Siswi SD terhadap Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Siswa/Siswi SD Kelas 1 Sekolah Lentera Harapan Medan

Magdalena Judika Br. Siringoringo (Universitas HKBP Nommensen)
Sri Ida Royani Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensesn)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2023

Abstract

Pancasila adalah dasar negara dan pandangan filsafat bangsa yang tercermin dalam sila-sila yang dikandungnya. Sebagai dasar negara, Pancasila sebagai jiwa dan harus menjiwai seluruh kehidupan kenegaraan dan kebangsaan di tanah air Indonesia. Hal ini secara formal tertuang dalam perjalanan berdirinya Indonesia. Para pendiri bangsa telah melakukan kesepakatan agung dengan meletakkan Pancasila sebagai titik temu segenap kepentingan bangsa yang terasa hingga sekarang.Hal ini adalah merupakan konsekuensi logis bagi bangsa Indonesia, khususnya Pelajar Pancasila.Visi Sekolah Lentera Harapan ialah: Pengetahuan Sejati, Karakter Ilahi, Iman di dalam Kristus dan misi Sekolah Lentera Harapan: Mengutamakan Keutamaan Kristus dan terlibat aktif dalam pemulihan yang bersifat menebus segala sesuatu didalam Dia melalui Pendidikan holistis. Dalam pencapaian visi dan misi tersebut, sekolah berperan aktif dalam mendukung proses pembelajaran yang baik dan sesuai kurikulum K3, salah satunya ialah dengan adanya pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan mengadakan sosialisasi kepada siswa/siswi tentang pendidikan dan pemahaman mengenai pengertian Pancasila, sila-sila Pancasila, symbol dalam Pancasila, keberagaman suku, budaya, adat istiadat di Indonesia, pengenalan salah satu suku budaya yaitu suku Batak Toba, makanan khas suku Batak Toba, tarian suku Batak Toba, peran ulos dan penggunaan ulos dalam tradisi suku Batak Toba.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ceej

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions

Description

CEEJ is a journal for the development and application of science and technology that includes publication of the results of community service activities, models or concepts or their implementation in the context of increasing community participation in development, community empowerment or the ...