JWEM (Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil)
Vol 14, No 1 (2024): Volume 14 Nomor 1 Edisi April 2024

Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Frozen Food Berdasarkan Kontribusi Brand Image, Harga dan Promosi (Studi Kasus pada Produk Frozen Food So Good)

Yelline Ciu (Universitas Mikroskil)
Mbayak Ginting (Universitas Mikroskil)
Purnaya Sari Tarigan (Universitas Mikroskil)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2024

Abstract

Penting untuk mengetahui faktor apa yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam memutuskan pembelian. Terdapat tiga faktor atau variabel yang diteliti dalam penelitian ini yakni brand image, harga dan promosi yang secara teoritis merupakan variabel yang dipertimbangkan konsumen. Untuk itu dilakukan penelitian dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Sedangkan jumlah sampel ditentukan rumus lemeshow (p = 50% dan d = 8%) diperoleh sejumlah 150 sampal. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengumpulan data utama dilakukan dengan kuesioner skala likert. Adapun hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa brand image, harga, dan promosi masing-masing memberikan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengaruh bersama atau secara simultan dari ketiga variabel tersebut cukup rendah yaitu 40,40% atau dengan perkataan lain, masih lebih banyak pengaruh faktor lain terhadap keputusan pembelian konsumen untuk membeli produk frozen food So Good.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jwem

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil (JWEM) merupakan salah satu publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mikroskil Medan, diharapkan dapat menjadi media dalam menuangkan ide dan pemikiran dalam bidang Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, dan ...