Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 1 No. 7 (2024): Mei

Penerapan Konsep Psikologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Di Sekolah Islam Terpadu

Pipih Muhopilah (Universitas Yayasan Pendidikan Imam Bonjol Majalengka, Indonesia)
Ridha Habibah (Universitas Yayasan Pendidikan Imam Bonjol Majalengka, Indonesia)
Mima Resmayanti (Universitas Yayasan Pendidikan Imam Bonjol Majalengka, Indonesia)
Zalzabila Karina Indriani (Universitas Yayasan Pendidikan Imam Bonjol Majalengka, Indonesia)
Tika Nur Islah Holifah (Universitas Yayasan Pendidikan Imam Bonjol Majalengka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang diperlukan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pendidikan akan membantu manusia yang belum matang dan dewasa dari segi jasmani, akal dan rohaninya menjadi dapat difungsikan dalam melakukan aktivitas. Pelaksanaan pendidikan secara umum juga tidak terlepas dari kata lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan merupakan tempat dilakukannya aktivitas pendidikan berupa belajar dan mengajar. Aktivitas belajar mengajar akan terjadi jika dilakukan oleh dua pelaku pendidikan yaitu guru dan siswa. Guru merupakan pelaku utama dalam melakukan pengajaran. Dalam praktiknya, pengajaran tidak dapat dilakukan dengan mudah, harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pengajaran. Maka guru harus memiliki ilmu dan keterampilan yang berkaitan dengan pengajaran termasuk mengetahui potensi dan psikis siswanya. Oleh karena itu, Psikologi Pendidikan Islami akan membantu guru dalam proses pengajaran untuk mengetahui potensi dan psikis dari siswanya sebagai bentuk persiapan mengajar dikelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...