Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 1 No. 7 (2024): Mei

Peningkatan Minat Membaca Peserta Didik melalui Program Literasi Ceria di SD Negeri 116 Percontohan Panyabungan

Arsy Putri (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)
Rumiah Siregar (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)
Saidah Tunnur Nasution (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)
Nurhaya Nurhaya (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)
Shafiyyah Wahiddin (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)
Siti Rohani (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 May 2024

Abstract

Literasi merupakan merupakan suatu kegiatan seseorang untuk mengetahui sesuatu dengan cakupan makna yang luas. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat membaca peserta didik melalui program literasi ceria di SD Negeri 116 Percontohan Panyabungan. Adapun metode yang dilakukan mencakup beberapa tahapan diantaranya tahap observasi, tahap orientasi, tahap implentasi dan tahap evaluasi. Program ini dilaksanakan setiap jam istirahat mata pelajaran yang berlokasikan di perpustakaan sekolah. Program literasi ceria yang dirancang mendapatkan respon yang positif baik dari kalangan peserta didik maupun kalangan pendidik dan tenaga kependidikan. Melalui program ini juga potensi-potensi peserta semakin menonjol dengan adanya pendampingan yang dilakukan. Dengan program ini juga minat peserta didik semakin meningkatkan dilihat dari apresiasi peserta didik yang senantiasa aktif untuk mensukseskan program tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...