Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 1 No. 7 (2024): Mei

Memperkuat Pendidikan Karakter melalui Implementasi Program Berbasis Religiusitas di SMP Negeri 2 Panyabungan Mandailing Natal

Rifa Firyali (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)
Hafsohtul Zakiyah (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)
Nur Fifi Yani Nst (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)
Marlian Arif Nasution (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 May 2024

Abstract

Mengamati keadaan peserta didik di SMPN 2 Panyabungan khususnya mengenai karakter, terlihat masih ada perilaku peserta didik yang tidak mencerminkan nilainilai karakter yang baik. Misal, rendahnya nilai etiket atau sopan santun peserta didik, rendahnya tingkat kedisiplinan peserta didik, dan sebagian kecil dari peserta didik terindikasi mengikuti perilaku kenakalan remaja. Dalam rangka memperkuat pendidikan karakter ini, kemudian Tim STAIN Mandailing Natal melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui implementasi program berbasis nilai-nilai religius. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Adapun implementasi program ini meliputi; mengaji Alquran bersama (Yasinan, Takhtim dan Tahlil), sholat dzuhur berjamaah, dan memperingati hari besar keagamaan Islam. Hasil dari pengabdian ini meperlihatkan adanya penguatan terhadap pendidikan karakter, munculnya perubahan karakter pada diri peserta didik, dan implementasi program ini masih terus dilakukan di SMPN 2 Panyabungan secara konsisten.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...