Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 1 No. 9 (2023): November

Optimalisasi Ketrampilan Guru Sejarah dalam Mengembangkan dan Memanfaatkan Model-Model Pembelajaran Inovatif

Ba’in, Ba’in (Unknown)
Kurniawan, Ganda Febri (Unknown)
Hannan, Alif Muhammad (Unknown)
Hanifah, Faridatun (Unknown)
Naziya, Ifsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2023

Abstract

Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru sejarah SMA di Kabupaten Semarang. Berdasarkan observasi awal dengan ketua MGMP dan beberapa guru dapat disimpulkan bahwa para guru sejarah tersebut dipandang perlu mendapatkan pelatihan dan pendampingan tentang pemanfaatan model pembelajaran inovatif. Dalam kegiatan pelatihan kali ini ditargetkan sekitar 20 guru SMA anggota MGMP sejarah Kabupaten Semarang dapat mengikuti kegiatan. Strategi dan langkah-langkah yang kami harapkan dapat diterapkan dalam kegiatan pelatihan ini diantaranya (a) Observasi awal dengan curah pendapat, pengalaman, kendala dan gagasan tentang penerapan Kurikulum Merdeka khususnya penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah dengan pengurus MGMP dan guru sejarah SMA di Kabupaten Semarang, kegiatan ini telah dilaksanakan bersamaan dengan pendampingan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) tahun 2022 dan kegiatan MGMP sebelumnya; (b) Presentasi tentang sintaks pendekatan saintifik, pemanfaatan model pembelajaran inovatif dalam modul ajar; (c) Bimbingan teknis dan praktik pemanfaatan model pembelajaran inovatif; (d) Pendampingan kepada peserta dalam penerapan hasil pelatihan. Kegiatan pendampingan ini direncanakan di 2 sekolah mitra pelatihan dengan masing-masing dikunjungi 3 kali. Kunjungan pertama pendampingan praktik implementasi hasil pelatihan kemudian dilanjutkan refleksi bersama sebagai bahan masukan untuk praktik kedua demikian seterusnya sampai pendampingan ketiga. Dalam pendampingan ketiga diharapkan semua peserta sudah terbiasa menerapkan hasil pelatihan sekaligus mendorong siswa untuk menghasilkan karya sebagai penguatan ketrampilan literasi bagi siswa; dan (e) Kegiatan terakhir adalah Evaluasi baik oleh tim pengabdian maupun MGMP sejarah. Dengan mengikuti kegiatan ini secara serius maka guru mata pelajaran sejarah dapat mengembangkan sekaligus memanfaatkan model-model pembelajaran yang inovatif. Hasil yang diharapkan yaitu tumbuhnya kreatifitas guru dan siswa dan meningkatnya motivasi dan kesadaran sejarah siswa. Luaran pengabdian yang telah ditentukan yaitu: Publikasi di jurnal nasional terakreditasi Sinta, Berita pada media massa elektronik, dan Video highlight kegiatan yang diunggah pada YouTube.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...