Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 2 No. 1 (2024): Maret

Meningkatkan Daya Tarik Konsumen Melalui Re-Branding UMKM Kain Perca Banjarsari Metro Utara

Sita Muharni (STMIK Dharma Wacana, Indonesia)
Sigit Andriyanto (Universitas Aisyah Pringsewu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Sentra UMKM menjadi salah satu bidang perekonomian yang terkena imbasnya secara signifikan. Usaha Mikro Kecil Menengah atau disingkat UMKM merupakan kegiatan ekonomi rakyat produktif yang keberadaannya mendominasi lebih dari 99% dalam struktur perekonomian nasional. UMKM sebagai bagian dari perekonomian juga harus berupaya untuk meningkatkan daya saing dengan melakukan inovasi. Permasalahan yang telah dihadapi oleh UMKM Kain Perca yang ada di Metro Utara adalah media promosi yang kurang menarik dan kurangnya pemahaman pelaku usaha mengenai branding. Hal ini menyebabkan produk UMKM tersebut kurang dikenal oleh masyarakat luas dan produk kurang laku dipasaran. Manfaat branding bagi UMKM adalah agar produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM akan senantiasa diingat oleh masyarakat atau konsumennya dalam jangka waktu yang cukup lama. Kegiatan PKM dilaksanakan melalui empat tahap yaitu sosialisasi dan koordinasi kegiatan PKM, Focus Group Discussion (FGD) tentang rebranding produk melalui pembuatan nama dan elemen visual produk, workshop desain poster digital dan evaluasi tingkat keberhasilan kegiatan pengabdian yang dilaksanakan. Empat tahapan tersebut merupakan langkah dalam membangun rebranding suatu produk hasil produksi UMKM yang dalam kegiatan ini adalah UMKM Kain Perca Banjarsari Metro Utara, melalui konsep creativepreneur pada kegiatan berwirausaha untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pada umumnya dan keluarga pada khususnya. Salah satu langkah meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah dengan mengembangkan usaha kecil menegah. Evaluasi kegiatan pengabdian masyarakat di Banjarsari Metro Utara adalah pengukuran tingkat keberhasilan kegiatannya dilihat pada peningkatan kapasitas produksi produk kain perca dan omset penjualan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam memahami dan mengkonsepkan desian logo serta strategi promosi di media sosial. Tolok ukur dari hasil rebranding adalah peningkatan kapasitas produksi yang meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...