Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 2 No. 4 (2024): Juni

Pembinaan BTQ Sebagai Solusi Peningkatan Kualitas Pendidikan Keagamaan Peserta Didik Di SMPN 7 Satu Atap Majene

Ilham Kamaruddin (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Yusnadi Yusnadi (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Syarifuddin Syarifuddin (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Yusril Yusril (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Ahmad Dani Ramadhan (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Silviana Fitri (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

Pendidikan agama di sekolah mempunyai peranan penting dalam membentuk moral dan karakter siswa. Beberapa tahun terakhir, terlihat adanya penurunan kualitas pendidikan agama yang tercermin dari minimnya pemahaman siswa terhadap pendidikan agama dan rendahnya penerapan prinsip-prinsip moral dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi ini menunjukkan perlunya upaya intervensi yang lebih holistik dan efektif untuk meningkatkan taraf pendidikan agama di lingkungan sekolah. Salah satu strategi yang dilakukan adalah pembinaan Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ). Pembinaan BTQ tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap Al-Qur'an dan teks keagamaan lainnya, tetapi juga bertujuan untuk menghadirkan Al-Qur'an sebagai contoh hidup yang membentuk karakter Islami.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...