Secure And Knowledge-Intelligent Research in Cybersecurity And Multimedia (SAKIRA)
Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of SAKIRA (Secure And Knowledge-Intelligent Research in Cybersecurity A

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality




Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Proses pembelajaran yang baik haruslah memuat aspek interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi dan memberikan ruang yang lebih bagi siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas dan kemandirian, sesuai dengan bakat dan minat siswa. Media pembelajaran yang menarik juga sangat diperlukan bagi siswa SMK, dikarenakan dalam pembelajaran SMK lebih mengutamakan praktikum dari pada teori. Perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media yaitu tujuan pembelajaran, efektif, mudah diperoleh, peserta didik, penggunaan, tidak kaku, biaya, dan kualitas. Salah satu perkembangan media pembelajaran yang saat ini masih baru adalah media pembelajaran dengan menggunakan Augmented Reality. Augmented Reality merupakan aplikasi penggabungan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang diproyeksikan dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang bersamaan. Augmented Reality dapat digunakan dalam hiburan, kedokteran, mekanik, dan media pembelajaran. Augmented Reality dapat dibangun dengan menggunakan bantuan software Vuforia dan Unity 3D. Hasil akhir berupa media pembelajaran interaktif dengan Augmented Reality

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

The Journal of Secure And Knowledge-Intelligent Research in Cybersecurity And Multimedia (SAKIRA) is a leading peer-reviewed publication dedicated to advancing the fields of cybersecurity and multimedia through innovative research and knowledge-intelligent approaches. SAKIRA serves as a platform for ...