Journal of Safety, Health, and Environmental Engineering
Vol. 2 No. 1 (2024): Journal of Safety, Health, and Environmental Engineering

Evaluasi Ventilasi Mekanik Berdasarkan SNI 03-6572-2001 Area Pouring di Perusahaan Pengecoran Logam

Salsabillah Hayyu Ramadhina (Program Studi Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)
Mochamad Yusuf Santoso (Program Studi Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)
Aulia Nadia Rachmat (Program Studi Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Pada perusahaan pengecoran logam berbasis investment casting terdapat area khusus peleburan logam atau yang biasa disebut dengan area pouring. Temperatur pada area tersebut mencapai 46°C, dimana hal ini tidak sesuai dengan SNI 03-6572-2001 mengenai faktor kenyamanan termal yang mensyaratkan mengisyaratkan bahwa temperatur udara kering pada ruangan yang nyaman maksimal sebesar 27,1 °C dengan kelembaban 40% - 60% dan kecepatan udara yang jatuh diatas kepala tidak boleh lebih besar dari 0,25 m/detik dan tidak boleh kurang dari 0,15 m/detik. Perusahaan telah melakukan upaya pengendalian rekayasa teknik berupa pemasangan 2 buah ventilasi mekanik turbine cyclone. Untuk mengetahui apakah ventilasi mekanik tersebut telah memenuhi standar SNI 03-6572-2001 maka perlu dilakukan evaluasi pada area pouring. Hasil evaluasi kenyamanan termal menunjukkan nilai temperatur kering 38,9 ⁰C, kelembaban udara 52%, dan kecepatan angin sebesar 0,19 m/s. hasil evalusi ventilati mekanik eksisting menunjukkan nilai pergantian udara sebesar 1 kali/jam lalu untuk volume udara per orang adalah 0,7 m3/min/orang. Maka konidisi kenyamanan termal serta waktu pertukaran udara per jam tidak memenuhi standar SNI 03-6572-2001. Maka dari itu perlu dilakukan upaya pengendalian lebih lanjut guna menciptakan area kerja yang sehat dan aman bagi para pekerja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSHEE

Publisher

Subject

Engineering Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Public Health

Description

Aims of the JSHEE: The journal is aimed at providing grounds for the exchange of ideas and data developed through research experience in the broad field of occupational safety, health, and environmental engineering. Scope of the JSHEE: Fire Prevention and Handling Systems Construction Safety Process ...