Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 4 No 3 (2024): JAMSI - Mei 2024

Edukasi kepada Remaja untuk Mencegah Terjadinya Stunting dari Faktor Kesehatan saat Masa Remaja di SMAN 1 Banyuwangi

Wafa Zakiyanpri (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran dan Ilmu Alam, Universitas Airlangga, Banyuwangi, Indonesia)
Syifa'ul Lailiyah (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran dan Ilmu Alam, Universitas Airlangga, Banyuwangi, Indonesia)
Ghani Armando (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran dan Ilmu Alam, Universitas Airlangga, Banyuwangi, Indonesia)
Regina Salsabila (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran dan Ilmu Alam, Universitas Airlangga, Banyuwangi, Indonesia)
Sarah Theresa (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran dan Ilmu Alam, Universitas Airlangga, Banyuwangi, Indonesia)
Putri Anggita (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran dan Ilmu Alam, Universitas Airlangga, Banyuwangi, Indonesia)
Arina Arofatus (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran dan Ilmu Alam, Universitas Airlangga, Banyuwangi, Indonesia)
Ayun Zul Silmi (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran dan Ilmu Alam, Universitas Airlangga, Banyuwangi, Indonesia)
Nabila Rahma (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran dan Ilmu Alam, Universitas Airlangga, Banyuwangi, Indonesia)
Dina Salsabila (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran dan Ilmu Alam, Universitas Airlangga, Banyuwangi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2024

Abstract

Kejadian stunting di Indonesia mengalami penurunan namun masih diatas standar yang ditetapkan WHO dibawah 20%. Jika stunting tidak segera diatasi akan berpengaruh pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dimasa mendatang. Remaja sebagai cikal bakal penerus bangsa perlu dikenalkan terkait stunting agar dimasa mendatang dapat mencegah stunting pada keturunannya. Diperlukan intervensi untuk memberikan pemahaman terkait stunting pada remaja, salah satu intervensi yang dapat dilakukan yaitu memberikan edukasi terkait stunting melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan sekolah. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan remaja mengenai stunting mulai dari faktor penyebab hingga peran remaja dalam mencegah terjadinya stunting. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2023 berlokasi di SMAN 1 Banyuwangi dengan sasaran remaja berjumlah 50 remaja perwakilan dari setiap kelas. Edukasi dilaksanakan dengan metode ceramah dan brainstorming terkait pengertian stunting, penyebab stunting, cara pencegahan stunting, dan peran remaja dalam mencegah stunting. Cara untuk mengetahui hasil edukasi dengan analisis pretest post-test. Hasil dari edukasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dari rata-rata nilai 50,7 menjadi 85,9. Dengan adanya edukasi di sekolah remaja mampu memahami pengertian dari stunting, penyebab stunting, cara pencegahan stunting, dan peran remaja dalam mencegah stunting sehingga edukasi perlu dilakukan oleh pihak-pihak yang berperan dalam penanganan stunting untuk mencegah terjadinya stunting sedini mungkin.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...