Judul penelitian ini adalah Kompetensi Guru Sertifikasi Terhadap Kualitas Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Negeri Suak Pandan Kabupaten Aceh Barat. Masalah yang diteliti adalah bagaimana kompetensi guru sertifikasi terhadap kualitas pembelajaran pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Suak Pandan Kabupaten Aceh Barat. Metode penelitian yang dugunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya meliputi wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru sertikasi. Hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru sertifikasi guru sudah sesuai dengan standar pendidikan nasional, hal terbut terlihat dan didapat oleh guru semenjak berada dilingkungan perkuliahan, baik dari pengalaman mengajar di lingkungan sekolah sebelumnya, serta melalui sekolah dengan memberikan pengenalan dan pelatihan kepada seluruh guru mengenai kompetensi yang harus dimilikinya, seperti kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Dalam pembelajaran guru sertifikasi sudah menyusun RPP, merancangan strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, pemgembangan bahan ajar atau materi ajar, mempersiapkan media pembelajaran dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan kreatif yang menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Secara umun guru sertifikasi pada SDN Suak Pandan secara umum sudah kompeten sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, hanya satu orang guru sertifikasi yang kurang kompeten, sehingga berpengaruh terhadap kualitas kegiatan belajar mengajar di SDN Suak Pandan Kabupaten Aceh Barat.
Copyrights © 2023