: Lingkungan bermain Pendidikan Anak Usia Dini perlu ditata sedemikian rupa sehingga hal ini akan sanagat berdampak besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini sehingga anak memeiliki kesiapan untuk melanjutkan kependidikan berikutnya penataan tepatnya set plan tampilan indoor maupun outdoor. Walaupun kegiatan mendesain penampilan indoor maupun outdoor. Dunia fantasi anak usia dini berpengaruh besar terhadap terhadap optimalnya aspek perkembangan nilai agama dan moral, bahasa, kognitif, sosial emosional, dan fisik motorik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen desain lingkungan bermain pendidikan anak usia dini di RA Babussalam dan RA Raudhatul Jannah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, penelitian dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen desain lingkungan pendidikan anak usia dini baik indoor maupun outdoor di RA Babussalam dan RA Raudhatul Hasanah masih belum terlaksana dengan baik. Karena menyesuaikan kondisi sekolah dengan bangunan yang tidak begitu luas. Maka dari itu belum semua fasilitas terwujud. Akan tetapi fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dilakukan oleh lembaga tersebut. Pemanfaatan fasilitas indoor dan outdoor di RA Babussalam dan RA Raudhatul Hasanah sudah cukup maksimal. Dimana proses pembelajaran selalu memanfaatkan fasilitas yang ada. Dengan begitu juga menjaga dan merawat dengan baik fasilitas yang telah dimiliki.
Copyrights © 2023