JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 3 (2023): Juni, socio-economics, community law, cultural history and social issues

Penerapan Model Learning Together terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Bakti Ibu Lubuklinggau

Santika, Ricen (Unknown)
Susilo*, Agus (Unknown)
Isbandiyah, Isbandiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajarPembelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Bakti Ibu Lubuklinggausetelah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Together. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan populasi kelas VIII SMP Bakti Ibu Lubuklinggautahun pelajaran 2022/2023 dan sebagai kelas sampel yaitu kelas VIII.1 yang berjumlah 34. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes di lapangan. berupa pilihanganda 25 soal, hasil penelitian adalah nilai rata-rata siswa. yaitu 83,00. Analisis data dengan uji-t berdasarkan hasil uji akhir dengan taraf signifikan = 0,05 dan hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung (141,66  ) ttabel (1,697), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Learning Together terhadap hasil belajar IPS di SMP Bakti Ibu  Lubuklinggautahun 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...