Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengidentifikasi karakter peserta didik SMK Negeri 2 Yogyakarta sebelum PKL, dan evaluasi karakter peserta didik SMK Negeri 2 Yogyakarta selama PKL dan kendala pelaksanaan pendidikan karakter sebelum dan selama PKL. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya guru pembimbing praktek industri dan DUDI. Obyek penelitiannya siswa SMK kota Yogyakarta dengan jurusan teknologi. Data penelitian berupa hasil wawancara dan observasi. Teknik pengolahan data menggunakan metode triangulasi yaitu menggabungkan hasil wawancara dan observasi terhadap siswa yang melakukan praktek kerja lapangan/ PKI. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa pendidikan karakter peserta didik sebelum PKL dilaksanakan secara rutin penerapan karakter religius, nasionalis, kemandirian, gotong royong, dan integritas. Pelaksanakan pembekalan untuk memberikan gambaran tentang dunia usaha dan dunia industri. Selama PKL peserta didik menunjukkan karakter yang baik, hal ini dibuktikan dari hasil penelitian kepada peserta didik dengan karakter religius, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas dengan hasil sangat baik. Namun selama pelaksanaan PKL tidak lepas dari beberapa kendala sebelum melaksanakan PKL seperti kendala pada saat pemasangan peserta didik dengan industri, beberapa peserta didik pada saat persiapan pembekalan tidak memperhatikan dan hanya fokus terhadap hanphone masing-masing, dan kendala selama pelaksanaan PKL seperti terdapat beberapa siswa yang melaksanakan ibadah tidak tepat pada waktunya, kedisiplinan siswa selama melaksanakan PKL, dan kendala fasilitas yang menunjang selama PKL yaitu peningkatan penggunaan aplikasi e-PKL
Copyrights © 2023