Jurnal Dunia Pendidikan
Vol 4 No 4 (2024): Jurnal Dunia Pendidikan (Articles In Progress)

Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Melalui Permainan Tradisional Engklek

Ricky Alfredo Silaban (Universitas Negeri Manado, Tondano, Sulawesi Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan penerapan permainan tradisional engklek pada siswa kelas V SD I Inpres Tonsealama. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 24 Siswa. Hasil penelitian yang dilakukan pada tes awal. Siswa yang tuntas hanya 6 siswa (25 %) sedangkan 18 siswa (75 %) tidak mencapai nilai ketuntasan, dengan rata –rata nila 53,59. Hasil pengolahan data pada siklus I meningkat dengan 13 Siswa (69%) yang tuntas sedangkan 11 siswa (31 %) tidak tuntas. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat dengan 22 siswa (83 %) yang mencapai nilai ketuntasan dan 2 siswa (17%) tidak mencapai nilai ketuntasan hasil belajar. Sehingga diperoleh kesimpulan ddengan permainan tradisonal engklek dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD I Inpres Tonsealama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JURDIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dunia Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh ...