Journal of Health Management, Administration and Public Health Policies
Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Health Management, Administration and Public Health Policies

Hubungan Pendidikan Ibu Terhadap Kejadian Stunting pada Anak Bayi Lima Tahun; Sistematik Review

Rifki Willyanto (Universitas Muhammadiyah Muaro Bungo)
Mutiara Ramadhani (Universitas Muhammadiyah Muara Bungo)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

WHO menyatakan ada lebih dari 22% atau sebanyak 149.2 juta pada tahun 2020 anak mengalami stunting. Prevelensi anak usia di bawah lima tahun yang mengalami stunting di provinsi jambi berjumlah 22.4%, dan wilayah dengan prevelensi balita stunting terbesar di provinsi jambi, yakni mencapai 27.2% yaitu Kabupaten Kerinci. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan tingkat Pendidikan ibu terhadap kejadian stunting pada anak bayi lima tahun. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pendekatan sistematik review. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teks full artikel dengan desain studi observasional (cross-sectional, cohort, dan case control) yang dipublikasikan dari tahun 2016 hingga tahun 2023. Variabel independen meliputi tingkat Pendidikan ibu, dan variable dependen yaitu kejadian stunting pada anak bayi lima tahun. Pengumpulan data artikel dilakukan dengan mencari artikel pada search database database Google Scholar, Pubmed, dan Science Direct. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan ibu memang memiliki dampak terhadap status gizi anak. Pendidikan ibu yang tinggi menunjukkan hasil berupa status gizi anak yang baik dan angka malnutrisi yang sedikit, sedangkan pendidikan ibu yang rendah akan berdampak pada buruknya status gizi anak. Jadi ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu terhadap kejadian stunting pada anak bayi lima tahun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

HealthMAPs

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Aims: Journal of Health Management, Administration and Public Health Policies is an electronic, open-access, double-blind, and peer-reviewed journal in the areas of health promotion, health behavior, and health education. The journal began its publication on June 16, 2023, and it is published two ...